SK AKREDITASI UNGGUL

Loading...

MAHASISWA FAI MENGIKUTI KLINIK MANUSKRIP TUGAS AKHIR SKRIPSI

 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto kembali menggelar Klinik Manuskrip Penyusunan Tugas Akhir (Skripsi) di Aula A.K. Anshori Kantor Pusat Lt. 3 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Materi kegiatan tersebut meliputi ketentuan umum penulisan tugas akhir, pentingnya cek plagiasi dan teknik parafrasa dalam penulisan tugas akhir, teknik penyusunan dan penulisan tugas akhir skripsi (kualikatif, kuntitatif, pustaka), manajemen referensi (mendeley), tugas akhir nonskripsi, teknik menulis dan submit artikel ke jurnal. (30/11)

 

Dalam pembukaan acara ini Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. menjelaskan betapa pentingnya kegiatan ini untuk mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya.

 

“Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk memberikan motivasi dan pembekalan kepada mahasiswa agar dalam penulisan tugas akhir nanti sudah mempunyai wawasan yang cukup tentang bagaimana cara menulis dan menyusunnya”. Ungkapnya

Acara Klinik Manuskrip Penyusunan Tugas Akhir (Skripsi) ini diikuti oleh mahasiswa semester 7 Prodi Pendidikan Agama Islam S-1 dan Hukum Ekonomi Syariah S-1.

MAGANG 3 FAKULTAS AGAMA ISLAM DI LUAR NEGERI

Pada periode T.A. 2021-2022 Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberikan pembekalan kepada mahasiswa Program Studi Agama Islam S-1 Semester VII yang akan mengikuti Program Magang 3. Acara pembekalan yang berlangsung secara online melalui zoom meeting ini diikuti oleh 87 mahasiswa yang akan ditempatkan pada 14 sekolah mitra FAI di lingkungan Kabupaten Banyumas dan 1 sekolah di luar negri Thailand untuk mahasiwa yang berada disana selama kurang lebih satu bulan. (29/09)

Program Magang merupakan kegiatan akademik yang tercantum dalam kurikulum program studi Pendidikan Agama Islam. Pada kali ini Program Magang 3 bertujuan untuk memberikan pengalaman awal tambahan sesuai dengan kewenangan tambahan yang akan diberikan kepada calon guru. Melalui kegiatan Magang ini peserta merasakan langsung mengajar pada bidang-bidang tertentu dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”. Program ini sangatlah penting dan merupakan pra kondisi dari sistem penyiapan guru yang profesional.

Dekan FAI Dr. Makhful, M.Ag. mengatakan, “Salah satu dari profil lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah menjadi guru yang profesional. Profesional yang pertama itu profesional dibidang kompetensi, kompetensi itu sesuai dengan undang-undang guru dan dosen, guru sekurang-kurangnya berpendidikan S1 atau D4”. ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dekan FAI “Selama menjalankan Program Magang 3 mahasiswa diharapkan dapat menjaga kesehatan di tengah-tengah pandemi ini. Kalian dalam menjalankan kegiatan ini harus tetap menjalankan protokol kesehatan, tetapi saya harapkan walaupun dalam ketrbatasan saat ini tetap bisa meraih hasil maksimal.” Ujarnya.

Pemateri pembekalan Magang 3 terdiri dari 2 orang yaitu tenaga pendidik SMP Negeri 8 Purwokerto Rano Subehi, S.Pd.I memberikan materi tentang Perencanaan Pembelajaran PAI dan Dr. A. Sulaeman, M.S.I. tentang Teknis Pelaksanaan Magang 3.

PELAKSANAAN MAGANG I DAN II PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAI UMP

Setelah menerima pembekalan magang I dan magang II mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) diserahkan kepada majelis dikdasmen untuk dilepas melaksanakan Program Magang di sekolah-sekolah mitra yang telah ditentukan. Pada acara ini diikuti oleh pimpinan fakultas, Dosen Pembimbing Magang (DPM), undangan dari sekolah yang akan menjadi tempat magang, dan juga perwakilan mahasiswa. Program Magang I dan Magang II akan berjalan selama dua pekan dimulai pada tanggal 23 Agustus 2021 dan diikuti oleh 162 mahasiswa.

Ketua panitia Dr. A. Sulaeman, M.S.I. mengatakan bahwa magang ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang dunia pendidikan.
“Tujan magang ini adalah untuk menambah wawasan tentang dunia pendidikan sesungguhnya. Setalah mendapatkan ilmu dibangku perkuliahan anda diturjunkan langsung dilapangan, untuk melakukan observasi bagaimana cara menjalankan pendidikan secara langsung” ungkapnya.

SEMINAR NASIONAL PAI “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIDISIPLINER”

Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar seminar nasional dan call for paper bertajuk “Pendidikan Agama Islam Multidisipliner” secara daring yang dibuka langsung oleh Rektor UMP Dr. Jebul Suroso, S.Kp., Ns., M.Kep. Ada tiga pembicara pada seminar nasional kali ini yaitu Prof. Dr. Ishomuddin, M,Si. dari Universitas Muhammadiyah Malang, Dr. Husain Heriyanto, M.Hum. dari Universitas Paramadina Jakarta dan Dr. Makhful. M.Ag. dari UMP. Acara dilaksanakan melalui zoom dan live streaming youtube FAI. (02/08)

Dalam sambutannya Rektor UMP menjalaskan tentang subtema seminar nasional ini yang sangatlah bagus mengenai moderasi beragama dan implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Yang meliputi tema tentang pendidikan agama Islam dan budipekerti, pembelajaran agama Islam di era digital, pembelajaran fikih integratif, filsafat pendidikan islam multidisipliner, muatan pembelajaran PAI dalam ekonomi, sosial, kesehatan, dan budaya.

MODERASI BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA DALAM PAI

Kuliah Dosen Tamu yang bertemakan Moderasi Beragama dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam digelar oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto via zoom cloud meeting app yang diikuti oleh seluruh mahasiswa FAI kususnya Prodi Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Agama Islam. (08/04)

Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya menjelaskan tema pada kali ini sangatlah bagus menganai moderasi beragama dan implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam.

“Kuliah dosen tamu sangatlah bagus untuk menambah wawasan mahsiswa, supaya nantinya setelah lulus cukup mendapat pengalamn melalui kegiatan ini” ungkapnya.

Pembicara Kuliah Dosen Tamu Prodi Pendidikan Agama Islam adalah Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto, M.Ag. M.A. Guru Besar IAIN Salatiga. Menyampaikan tentang Moderasi Beragama dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam.

KONTRIBUSI LULUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan kuliah tamu online live streaming aplikasi zoom meeting dengan tema “Prospek Lulusan Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Islam”. (17/02)
Dalam sambutannya,
Dekan FAI Dr. Makhful, M.Ag. berharap mahasiswa harus tetap semangat dalam menuntut ilmu.

“Lulusan Pendidikan Agama Islam yang mempunyai gelar sarjana pendidikan harus memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidangnya. Selain memeiliki karier menjadi tenaga kependidikan, sarjana Pendidikan Agama Islam diharapkan juga bias mengembangkan ilmu yang telah di dapat pada masa perkuliahan”.

Pembicara pada kuliah tamu kali ini adalah Dekan Fakultas Agama islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Muhammad Qorib, M.A. Dalam paparannya menyampaikan bahwa lulusan dari Pendidikan Agama Islam ini memiliki prospek yang sangat bagus, dalam konteks berbangsa dan bernegara di Indonesia ini. Dimana agama menjadi sebuah elemen dan variable yang sangat vital di kehidupan maka peran agama itu menjadi sesuatu yang dibutuhkan dalam diri kita. Disinilah kontribusi besar lulusan program studi Pendidikan Agama Islam untuk masyarakat” ungkapnya.

PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG III

Program Magang merupakan kegiatan akademik yang tercantum dalam kurikulum program studi Pendidikan Agama Islam. Pada kali ini Program Magang 3 bertujuan untuk memberikan pengalaman awal tambahan sesuai dengan kewenangan tambahan yang akan diberikan kepada calon guru. Melalui kegiatan Magang ini peserta merasakan langsung mengajar pada bidang-bidang tertentu dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”. Program ini sangatlah penting dan merupakan pra kondisi dari sistem penyiapan guru yang profesional.

Penyerahan Mahasiswa Magang III 2020 di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto

Penyerahan Mahasiswa Magang III 2020 di SMK N 1 Purwokerto

Penyerahan Mahasiswa Magang III 2020 di SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang

Penarikan Mahasiswa Magang III 2020 di SMK N 1 Purwokerto

Penarikan Mahasiswa Magang III 2020 di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto

MAGANG 3 PRODI PAI S-1 FAI

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberikan pembekalan kepada mahasiswa Program Studi Agama Islam S-1 Semester VII yang akan mengikuti Program Magang 3. Acara yang berlangsung di FAI diikuti oleh 58 peserta yang akan ditempatkan di SMA maupun SMK yang menjadi mitra dari FAI selama kurang lebih satu bulan.

Dekan FAI Dr. Makhful, M.Ag. mengatakan, “Dalam Program Magang 3 kali ini kami berharap mahasiswa dapat memaksimalkan diri untuk mendapatkan pengalaman sebelum benar-benar terjun di dunia mengajar”.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dekan FAI “Anda harus bisa menjaga nama baik FAI pada saat pelaksanaan Program Magang ini, patuhi peraturan yang berlaku disana dan berkomunikasilah yang bagus dengan guru-guru dan siswanya” ungkapnya.

Dalam sambutannya ketua Program Magang 3 ini Dr. Ibnu Hasan, M.S.I. mengatakan, “Selama menjalankan Program Magang 3 mahasiswa diharapkan dapat menjaga kesehtan di tenah-tengah pandemi ini. Kalian dalam menjalankan kegiatan ini harus tetap menjalankan protokol kesehatan, tetapi saya harapkan walaupun dalam ketrbatasan saat ini tetap bisa meraih hasil maksimal. Bisa menyerap ilmu pengalaman yang di peroleh saat magang tersebut.” Ujarnya.

Pemateri pembekalan Magang 3 terdiri dari 2 orang yaitu Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto Imam Suyanto, S.Ag. memberikan materi tentang Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Dr. Ibnu Hasan, M.S.I. tentang Teknis Pelaksanaan Magang 3.

OSPEK DARING FAKULTAS AGAMA ISLAM

Masa Orientasi Studi atau Ospek sangatlah ditunggu-tunggu mahasiswa baru Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun Akademik 2020 – 2021. Acara ini dilaksanakan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena Fakultas Agama Islam dalam hal ini ditangani oleh Lembaga Kemahasiswaan FAI menggelar secara virtual, walaupun secara virtual tetapi tidak kalah menarik dengan ospek luring. Ospek kali ini dilaksanakan selama dua hari, Kamis-Jum`at (24-25/09) mengambil tema “Analis, Respopnsive, Tanggung Jawab”..

Ospek yang dilakukan secara daring ini mendatangkan beberapa pembicara lokal untuk memberikan motivasi, yaitu Wakil Dekan FAI Makhrus, S.EI, M.Si. menyampaikan materi tentang fungsi dan tujuan mahasiswa, Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) S-1 Drs. Sulaeman, M.Si. menyampaikan Sosialisasi Panduan Akademik dan Prospek Lulusan PAI serta Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) S-1 Safitri Mukarromah, S.Ag., M.Sy. menyampaikan Sosialisasi Panduan Akademik dan Prospek Lulusan HES.

Page 1 of 3

Search

Calendar

« November 2022 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30